Rabu, November 23, 2016

Pengamen

Sepertinya, warung makan dan pengamen itu seperti sendok dan garpu, pasangan yang saling melengkapi. Apabila salah satu tidak ada, sepertinya ada yang kurang. Dan, seperti hukum alam, warung makan yang laris pengamennya juga silih berganti datang. Bahkan, ada yang dijadikan pengamen tetap di warungnya.

Ada enak dan tidaknya ketika warung makan didatangi pengamen. Enaknya ada hiburan dan bisa menemani saat menunggu pesanan jadi. Tidak enaknya kalau kita sedang makan dengan tangan, misal di warung pecel lele, tangan berlepotan nasi dan sambal, tetapi ada keinginan memberi uang. Biasanya sih terpaksa menolak dengan halus dan melanjutkan makannya.... hehehehe....

Seperti warung nasi goreng Jangkung di Beji Depok Jawa Barat ini, tiap hari selalu dipenuhi oleh pembeli, dan pengamen pun silih berganti menghibur pembelinya. Nah, suatu ketika ketika sedang menyendok nasi yang kedua, masuk seorang pengamen untuk minta izin menghibur. Secara refleks aku menganggukkan kepala tanda setuju. Genjrengan intro gitar langsung membuat meremang, wah lagu favorit, nih. Ya, pengamen yang namanya Adi ini menyanyikan lagunya Coldplay, Yellow.



Asyik. Nasi gorengnya enak, pengamennya juga keren. Akhirnya ikutlah berdendang, sambil tetap berdendang, lanjut mengeluarkan hp, merekam. Totalitas menyanyinya bikin salut, sampai keringat bercucuran. Salutnya lagi, Adi menyelesaikan penuh satu lagunya, tidak dipotong untuk menerima uang. Jadi, makin nyaman nongkrongnya. Ringanlah tangan merogoh kocek kalau pengamennya asyik seperti itu.

Setelah satu lagu Adi pamit kepada para pengunjung warung. Sip. Semoga rezekinya lancar, dan bisa berjumpa kembali, dengan lagu hits lainnya. ;)

0 comments: