Senin, Juli 27, 2009

Status

Ada yang belum punya akun facebook? Wah, kalau belum punya... ya nggak papa... hehehe...




Saat ini facebook memang mengalami masa kejayaan sebagai media gaul sosial paling populer di internet. Hampir semua teman kita yang memiliki alamat email, kemungkinan besar juga memiliki akun facebook.

Hal yang paling menarik dari facebook adalah kita bisa menemukan teman lama kita dalam profil yang sebenarnya. Bisa kita bayangkan, seorang teman lama yang hampir 20 tahun tak berjumpa darat, bisa dipertemukan kembali lewat facebook dengan 'casing' paling mutakhirnya. Imbasnya, facebook jadi ajang reuni paling heboh, bahkan dilanjutkan dengan reuni di alam 'nyata'.

Selain itu, menulis Status dilanjutkan dengan menuliskan Komentar-komentar di facebook merupakan sebuah kegiatan yang bisa dikategorikan 'membuat ketagihan'. Habis melakukan apa saja, dua kegiatan tersebut selalu menyita perhatian kita. Apalagi tersedia notifikasi untuk setiap kegiatan kita di facebook.

Kembali ke Status, kolom tersebut memang tidak ada 'matinya' di facebook. Kita bisa menuliskan apa saja, yang saat itu juga bisa dipantau oleh teman-teman yang masuk dalam link pertemanan kita di facebook. Bahkan, ada ungkapan bahwa kolom Status pemakai akun facebook bisa menggambarkan pribadi orang tersebut secara sekilas. Hebat. Masuk akal juga karena, biasanya, Status yang ditulis tersebut adalah hal apa saja yang ada di hati atau pikiran orang saat itu juga, yang kemudian dituliskan dalam sebuah Status.

"Hal apa saja" inilah yang harus menjadi perhatian kita semua. Karena, ternyata tidak semua hal (sebaiknya) dapat kita tuliskan dalam sebuah kolom Status dan/atau Pesan facebook. Ada etikanya.

Secara garis besar, ada 2 poin atau etika yang harus kita ikuti ketika menulis di kolom Status dan/atau Pesan, yaitu:
- Jangan melakukan curhat yang bersifat pribadi atau membuka sebuah rahasia.
Karena, sekali lagi, hal yang kita tulis di kolom Status dapat dipantau oleh teman-teman yang memiliki link dengan kita di facebook. Tanpa sadar, kita mungkin sudah telanjur menuliskan sebuah info A1 di Status kita. Apalagi info soal pekerjaan kita. Wah, bisa berabe! :p

- Kenali perbedaan antara Wall dan Message facebook.
Apabila kita ingin menuliskan sebuah Pesan kepada teman kita di Wall miliknya, sesuaikan dengan materinya. Untuk hal yang umum, misalnya ajakan untuk bermain futsal nanti malam, bisa kita tuliskan. Namun, apabila bersifat pribadi dan sangat personal, sebaiknya kita kirimkan melalui fitur Message. Tidaklah nyaman apabila sebuah ungkapan yang privat, bahkan menye-menye harus terbaca oleh seluruh 'masyarakat' facebook. :-D

Sebenarnya ada poin atau etika lainnya yang sebaiknya kita ketahui, tetapi 2 hal tersebut bisa dikatakan sebagai hal yang sangat 'vital' dalam pergaulan di facebook. Bagaimanapun juga, kita berada dalam sebuah 'forum' yang terbuka dan saling berinteraksi, walaupun secara maya. Sudahkah kita lakukan poin-poin tersebut? Kalau belum, tidak ada kata terlambat!

;-)

Source: ini

0 comments: