Selasa, Januari 10, 2006

Fenomena

Setelah sekian banyak kita menemui berbagai fenomena negatif yang menimpa negeri bernama Indonesia, semisal, korupsi uang negara, penjarahan kayu di hutan-hutan lindung, pencemaran lingkungan, penyakit yang mewabah, hingga penjualan manusia-manusia ke negeri jiran, ada sebuah fenomena positif yang disisakan tahun 2005 yang baru saja berakhir, Peterpan.

Itu bukan tokoh fiktif dari negeri dongeng, namun grup musik anak-anak muda dari kota Bandung yang mampu mengharu-biru dunia musik Indonesia.

Image hosted by Photobucket.com

Mulai dari anak kecil sampai orang tua menggandrungi mereka. Dari para pengamen jalanan yang juga mengalunkan lagu-lagu Peterpan sampai para pekerja kantoran.

Bahkan ada suatu kenyataan yang cukup mengharukan ketika Peterpan melakukan pentasnya di kawasan Senayan, cukup banyak para penonton yang terdiri dari para ibu-ibu sambil menggendong bayi mereka yang masih balita.

Di situ sempat terungkap, bahwa ada harap dari ibu-ibu itu bahwa mereka ingin anak mereka kelak bisa seperti si Ariel, sang vokalis Peterpan. Tidak tahu, ingin mirip seperti apanya. Apakah kemampuan bermusiknya? Apakah hokinya? Apakah kemiripan fisiknya? Atau bahkan kehidupan asmaranya? Hehehe…Entah.

Dari segi materi juga cukup menghenyakkan. Dari informasi seorang rekan yang kebetulan berprofesi sebagai seorang jurnalis sebuah tv swasta, dari penjualan album Peterpan, masing-masing personel grup itu mendapatkan mobil BMW seri 7 sebagai bonus. Wow. Kalau aku mending mentahnya aja. Ntar buat beli rumah di Cikeas Bogor. Jadi kalau berangkat ke Jakarta bisa bareng rombongan pak presiden, dijamin tidak macet :p

Bahkan ada seorang pemain sepak bola klub kebanggaan kota Bandung yang berasal dari Thailand memborong album Peterpan untuk rekan-rekannya di Thailand. Menurut dia lagu-lagu Peterpan enak didengar, musikalitasnya ringan, istilah gaulnya easy listening. Yah, lumayanlah, ada fenomena positif dari Indonesia yang bisa diperkenalkan di luar negeri. :D

Peterpan sekarang sedang menikmati ketenaran. Segala yang berbau Peterpan bisa untuk dijual.

Dan Ariel sekarang mungkin lebih mudah menghemat enerji ketika menyanyi di atas panggung. Dengan sebagian besar penonton yang sudah hafal lagu-lagu mereka, Ariel tinggal menyorongkan mik kearah penonton ketika butuh waktu untuk sedikit menarik nafas. Dan semua penonton pun menyanyikan dengan riang.

Jadi, selain grup Ratu, Peterpan inilah fenomena musik Indonesia di tahun 2005. ^^v

Salam!

0 comments: