Jumat, November 11, 2016

Video Offline YouTube

Salah satu fitur YouTube yang sangat menarik adalah video offline. Ya, kita bisa melihat video di YouTube tanpa memerlukan kuota internet atau pun pulsa. Asyik, kan? Jadi, kalau kita sedang menunggu antrian, naik KRL, atau sedang terjebak kemacetan, kita bisa isi waktu dengan melihat kembali video menarik dalam format YouTube yang sedang offline. Bisa jadi obat antibete ;p

Fitur atau fasilitas video offline ini hanya tersedia ketika kita membuka YouTube di gadget atau handphone/HP saja, sedangkan di PC/laptop belum ada. Konon kabarnya, fasilitas video offline ini hanya tersedia di Indonesia dan India, lho. ;)

Ada yang belum tahu caranya? Tenang saja, berikut cara memanfaatkan fitur tersebut:

1. Kita lihat video pada salah satu akun YouTube (misal: https://www.youtube.com/watch?v=wJlBrdb1ksw). 

Perhatikan panah warna merah yang menunjuk tombol bulat abu-abu. Apabila video yang kita lihat bisa dilihat saat offline, maka bentuknya seperti itu. Kita klik saja tombol abu-abu tersebut, lalu akan terlihat proses penyimpanan videonya, ditunjukkan dengan putaran di pinggir tombol abu-abu.


Ketika videonya tidak bisa dilihat saat offline/diproteksi, maka tampilannya seperti gambar di bawah ini, pada panah merah terlihat tombol abu-abunya dicoret.


2. Pilih menu Account. Pada saat proses penyimpanan video offline sudah selesai, akan tercatat dalam fitur Available offline/Offline Videos. Disimbolkan dengan bulatan biru dengan tanda centang.

Lalu, ketika kita ingin mematikan sinyal internet/offline, bisa klik Setting YouTube (titik tiga) pada panah kuning.



3. Saat kita akan download video offline, posisi Offline mode: off/ada sinyal internet.

Kita bisa aktifkan juga pilihan Save over Wi-Fi only, artinya kita baru bisa download video offline ketika terhubung dengan Wi-Fi.


4. Ketika ingin melihat video offline-nya, posisi Offline mode: on

Oiya, kapasitas untuk menyimpan video offline terbatas, lho. Saat ini YouTube hanya menyediakan kapasitas/storage 1,2 GB. Lumayanlah :)


5. Setelah YouTube kita sudah offline, klik klik salah satu videonya, atau tombol Play bulat merah untuk melihat semua videonya.


Mudah, kan? Sekarang kita sudah bisa melihat video favorit secara berulang-ulang tanpa khawatir kuota internet kita akan habis. Selamat mencoba. ^^





0 comments: