Selasa, Agustus 30, 2005

Kebakaran?!?!??

Image hosted by Photobucket.com

Pasar Melawai di kawasan Blok M Jakarta Selatan, pada hari Senin (29/08/05) pagi, terbakar hebat.

Pasar yang selalu dipenuhi pengunjung tiap hari itu, memiliki 3 lantai dengan beraneka ragam pedagang. Sebagian besar menjual baju dan bahan konveksi dengan harga yang bersahabat.

Dengan mengerahkan hampir 40 armada pemadam kebakaran selama Senin pagi sampai Selasa pagi, hari berikutnya, Pasar Melawai meregang habis tidak kuasa menahan kobaran si jago merah. Ironisnya, jatuh korban jiwa seorang petugas pemadam kebakaran, yang tewas terjebak api di lantai 2.

Konon, kobarannya pun istimewa. Menurut saksi mata, kobarannya membesar meliputi 3 babak. Yaitu pada pukul 11.00 WIB, 15.00 WIB, dan 19.00 WIB (Senin, 29/08/05).

Karena istimewa itu, akhirnya timbul pikiran macam-macam, pasar itu terbakar atau sengaja dibakar?

Karena beberapa waktu lalu, ketika sebuah bangunan ingin didirikan untuk menggantikan bangunan yang lama, maka bangunan lama itu mengalami kebakaran terlebih dahulu. Apalagi jika pemilik atau penghuni bangunan lama itu terlibat pembicaraan alot untuk upaya alih kepemilikan. Hal itu juga sering terjadi pada komplek pemukiman padat penduduk.

Apakah sistem di gedung untuk mengatasi kebakaran di pasar itu tidak bekerja? Sebuah pertanyaan retoris jika kita selalu melihat fasilitas umum yang tidak pernah mengalami peawatan sama sekali tersebar dimana-mana.

Yang pasti dengan terbakarnya Pasar Melawai itu, ribuan padagang mulai resah dengan hangusnya barang dagangan mereka. Apalagi tidak ada prosedur ganti rugi dalam peristiwa itu.

Bang Yos sendiri, sudah menegaskan bahwa kebakaran pasar itu adalah alami. Tanpa ada faktor kesengajaan. Apalagi ketika ada isu akan dibangunnya hotel mewah di atas tanah Pasar Melawai itu, Bang Yos pun mengakui tidak mengetahui.

Bagaimanapun, sekali lagi, rakyat kecil harus menjadi korban.

0 comments: