Selasa, September 06, 2005

Asuransi

Liburan panjang akhir pekan (2-4 September 2005) kemarin, aku isi dengan acara mudik ke kampung halaman. Yah, sudah lama tidak mudik dan dalam rangka ada acara juga. Biasa, mantenan!

Rencana awal sudah disusun untuk sebuah liburan yang menyenangkan demi menikmati kota tercinta dalam 3 hari. Rencana tinggal rencana.

Dengan menggunakan mobil, mudik hemat ini (maklum, pake mobil, dan kita orang tinggal naik saja, kecuali yang yahud nyopir, harus menyetir mobil bergantian), punya rencana muluk ke kampung menghabiskan waktu dengan kegiatan yang semarak dan merdu-merdu.

Berangkat dari Jakarta aku berempat dengan temanku yang lain. Start hari Kamis jam 10 malam dari Wisma Dharmala Sudirman. Kita rencana mau lewat tol Cipularang via jalur Bandung-Ciamis dan lurus terus sampai Jogja.

Namanya musibah ternyata memang tidak bisa ditolak kalau sudah jatah kita. Kurang lebih sebelum pintu keluar tol Cikarang Pusat, sekitar pukul 01.30 dinihari, mobil kita (Innova) 'menyundul' mobil yang berada di depan.

Untung. Yah, sekali lagi untung...hehehe...mobil tidak berjalan kencang, karena saat itu lalu lintas memang sangat padat.

Ya sudah, tanpa banyak bicara kita langsung terlibat pembicaraan seru khas kasus tabrakan pada umumnya. Memang, kita berada pada posisi yang salah, karena kita menabrak dari belakang. Karena kita sebagai orang yang bertanggung jawab...hehehehe...tentu saja kita akan membereskan semua urusan mobil yang kita tabrak itu (sebuah kijang kapsul).

Yang tidak kita duga, ternyata bagian depan mobil kijang itu rusak parah, sehingga berakibat mesin tidak bisa dihidupkan. Ceritanya dia 'nyundul' truk yang ada di depannya, dan truk itu pun ternyata meneruskan perjalanannya tanpa berhenti terlebih dahulu. Hal ini sebenarnya yang membuat kita agak susah membuat kronologis lengkapnya. Maklum, yang di rombongan kita yang masih melek pas kejadian hanya mas sopirnya... :p

Uniknya, rombongan kijang kapsul yang berjumlah 3 orang itu juga akan menuju ke arah yang hampir sama dengan kita. Mereka akan menuju ke kota Magelang. Sebuah kota di sebelah utara Jogja.

Singkat kata, semua menjadi agak cerah ketika kata asuransi terucap. Yap, dengan jaminan asuransi ternyata membuat semua pihak bisa tersenyum kembali.

>> Sebagai catatan saja, asuransi yang ini atau yang ini, pelayanannya cukup memuaskan. Di samping cepat menanggapi keluhan dari pihak costumer, juga cukup simpatik ketika beberapa hari kemudian mereka menghubungi kita untuk mengkonfirmasi layanan yang sudah diberikan oleh mereka (after sales service).

Setelah mobil kijang selesai di derek keluar tol dengan mobil derek tol yang (katanya) gratis itu, kita akhirnya memutuskan kongkow-kongkow sambil istirahat sejenak menunggu mobil derek dari pihak asuransi yang akan membawa kijang kembali ke Jakarta.

Total jendral kita nongkrong di tol untuk mengurusi segala tetek bengek itu selama 2,5 jam. Sekitar pukul 03.00, kita akhirnya bisa melanjutkan kembali perjalanan menuju kota Jogja.

Karena ada insiden dan kita harus transit dulu di kota Ciamis "Manis", maka waktu kedatangan di kota tercinta pun jadi molor. Kita baru masuk Jogja sekitar pukul 16.00 WIB pada hari Jumat. Mundur 4 jam dari perkiraan semula.

Hikmah yang bisa kita petik dari peristiwa tadi...ehm...ehm...jikalau kita ingin melakukan perjalanan jarak jauh dengan mobil, sebaiknya:
>> Cek kondisi mobil.
>> Cek juga apakah mobil yang akan dipakai ada asuransinya, dan dari perusahaan asuransi mana. Ini ternyata sangat membantu menenangkan jiwa dan kantong kita....hehehehe
>> Siapkan kaset atau CD musik sebanyak dan sevariatif mungkin sebagai teman mengusir rasa kantuk. Sebisa mungkin yang mas sopir cocok, jadi nggak bikin bosan. Kalau kemarin itu kaset yang aku bawa total ada 15 biji, mulai dari Koes Ploes sampai Phil Collins. Sayang, yang lagu ndangdut tidak ada.... ^^v
>> Untuk jarak seperti Jakarta-Jogja, minimal harus ada 2 orang sopir.

Sebagai sebuah pengalaman pertama bagiku, semoga tulisan ini bisa memberi sebuah pencerahan.

Secara singkat acara liburan di Jogja cukup menyegarkan jiwa dan mengenyangkan....hehehehe....walau ternyata membuat mas ganteng ini jadi senewen, karena aku hari Minggu kemarin harus absen ke ABC Senayan. :p

Salam!

0 comments: