Rabu, Februari 02, 2005

Reuni

Jakarta, Sabtu, 29 Januari 2005


"Masa lalu. Masa lalu selalu saja meninggalkan jejak yang tertinggal dalam sebuah bingkai-bingkai kerinduan."

11.30 WIB.
Tit...tit...tit...tit...
Sebuah pesan singkat masuk dalam hp-ku. Oh, dari Ayu rupanya. Teman lama. Teman SMA. Sempat kerja di sebuah stasiun radio, dan sekarang lagi merintis sebuah EO. Bunyinya, "Gimana Uf, jadi ketemuan ga? Kamu ga sibuk kan?"
"Ayo aja, tapi aku bisanya abis jam 1an."
"Jam segitu aku masih ada gawe jhe. Kalo jam 5an?"
Segera terbalas,"Gawean nih yeeee...Ayo aja, di PIM aja gimana?"
"Kalo di PS aja gimana? Nyoba nawar neh..."
Hmmm..PS...Plasa Semanggi ato Plaza Senayan? Ah, mungkin Plaza Senayan kali. Setelah berpikir sejenak, boleh juga. Dari segi jarak ga terlalu jauh, dan udah lama juga ga liat keindahan-keindahan dunia di tempat itu...hehehe...Maklum, posisiku lagi di daerah Republik Ciputat.
"Playan to maksudmu?Ketemu di bawah jam yo?"
Balas Ayu, "Yo iyo lah. Ok, sampe ketemu di bawah jam yo!"
Janjian lama yang coba diwujudkan.
Di bawah jam. Memang, kalo di Plaza Senayan, tempat yg paling damai untuk ketemu ada di bawah jam guwede yang ada di lantai II. Tempatnya luas, jadi langsung aja keliatan orang yang kita ajak janjian ketemu.
Ayu. Ayu Australi dulu dikenal. Maklum, udah pernah skul di sana. Program pertukaran pelajar.
Udah seperti apakah dia sekarang yah? Maklum, terakhir ketemu langsung ya pas hari-hari terakhir di SMA. Tahun 1996.Waaaahhhh...hampir 9 tahun yang lalu! Pernah seh ketemu lagi abis 96, tapi pas posisinya Ayu di dalam bis dan aku dengan damainya berada di trotoar depan Universitas Atmajaya Jakarta. Kita hanya saling tersenyum-senyum dan menggunakan bahasa tubuh saja waktu itu. Maklum, belom pegang hp & mau ngomong + teriak2 takut dikira orang ga waras! Hehehe...
"Deal! Paling aku agak telat Yu, maklum masih ujan."
Yah, saat-saat sekarang, ketika hujan mulai rutin mengguyur Jakarta, manajemen waktu menjadi lebih sulit. Jalanan lebih macet, dan sebagai pengendara motor, genangan akibat hujan merupakan salah satu musuh bebuyutan yang harus dengan lincah dihindari.
Jam 17.15 sampailah aku di komplek parkir basement Plaza Senayan. Rame banget. Maklum hari Sabtu. Seperti semula, langsung aku jalan menuju lantai yang berada tepat di bawah jam dinding kuk..kuk..PS. Hmmm...kok ga keliatan ya dia? Coba call ah.
Tuuut..tuuut..tuut..begitu berulang sampe akhirnya aku coba sms.
"Udah sampe mana?"
Lama tak terbalas.
Yo wis, jalan-jalan duluuuuu...weeeh, memang me-nye-gar-kan jalan-jalan di PS. Orangnya cakep-cakep, rapi, wangi, trendy khas metropolitan.
Tiba-tiba Tit..tit..tit..tit..
"Lagi di toilet."
Woooo...
Dan beberapa saat kemudian ringtone dengan lagu opening Srimulat, yang sengaja kupilih untuk caller group friends, berbunyi dengan merdunya. Yap, ada caller id Ayu di sana. Klik yes.
"Lagi di mana, Uf? Aku udah di bawah jam neh."
"Lagi di lantai dua neh. Oke, aku tak turun yoh."
Akhirnya...Whuahahahaha...hahaha...Tawa lepas itu lah yang jadi pembuka pertemuan antara aku dan dia..wuehehehe...
Setelah saling bertanya-jawab perihal kabar masing-masing, kita pun naik ke lantai atas untuk sekedar mencari tempat nongkrong, ngobrol, makan, dan...merokok! :D
"Aku udah ngajak si Titin ama Koko, Uf. Tapi kayaknya si Titin ga bisa deh. Ibunya dateng ke Jakarta. Jadi kemungkinan cuma Koko aja yang bisa ikutan kumpul. Gak tau si Koko ngajak sapa lagi."
Titin dan Koko, teman SMA-ku juga. Ayu, Titin, dan Koko teman satu angkatan. Cuma kita berada di kelas yg beda. Mereka semua satu geng di A2, kalo aku terdampar dengan sukses di A1. Kok bisa kenal mereka, Mas? Waktu yang berjalanlah yang mempertemukan kami waktu SMA.
Setelah sempat linglung di foodcourt menunggu si Koko, tak berapa lama kemudian Mas Koko datang dengan senyum ramah yang lama tak terlihat. Ahhh...9 tahun, mbak! Koko sekarang udah gawe di sebuah perusahaan migas ternama di negeri ini. Hmmm...senyum sebuah ketenangan hidup yang mulai mapan memang sudah terlihat. Hidup yang mapan??? Akh, mbuh! Relatif! Wang-sinawang! ;-p
Akhirnya bersepakatlah kita menuju Space (semoga ga salah denger & tulis) Foodcourt di bawah gerai Sogo. Boleh juga tempatnya. Dan aku baru pertama kali ke tempat itu! Maklum, perut biasanya sudah cukup nyaman dengan semangkuk GulTiks Bulungan ato Nasi Uduk Benhill...hehehe...
Dan setelah tengak-tengok mencari tempat duduk, dapatlah sebuah tempat yang agak pojokan. Lumayan, view-nya deket toliet, jadi kalo ada yang wira-wiri bisa scanning...hehehe...Paling Ayu aja yg langsung manyun kalo denger komentar kaya gitu.
Dengan lugunya muncul pertanyaan standar-ku di tempat kaya itu, "Kita pesen'e dateng ke bakul'e opo didatengin?"
"Ndatengin, Uf. Ntar kita pilih & langsung bayar di kasir."
"Ooooo,"...
"Oke, kita gantian aja kalo gitu, " kata Koko dengan bijaknya.
Sambil menunggu gantian pesen, tersulutlah satu batang rokok LA Light Menthol. Hmmm...ademmmm...
Setelah Koko selesai memesan maem, gantian aku sama Ayu. Pilih sana pilih sini, muter dulu, ketemu menu standard, NASI SOTO + teh! ;-p
Dulu si Ayu kuliahnya terdampar di UI. Kalo Koko nyoba-nyoba kuliah di ITB. Jadi, cuma aku yang teteeeep aja di Jogja. Minimal ampe masa kuliah.
Namanya juga ketemu temen SMA. Kalo ga ngomongin temen-temen SMA yang laen, ya ngomongin masa-masa SMA. Memang biru masa-masa SMA. Sapa aja yang udah di Jakarta, yang masih di Jogja, yang masih seneng kuliah, yang sekolah lagi ke luar negeri, yang udah nikah & yang mo nikah, dan yang..yang..yang lainnya. Oh, iya..dulu SMA kita namanya SMA Negeri 1 Yogyakarta. Gak tau yah? Wah, ora terkenal jebul...
Setelah bersilang sengkurat bercerita soal kondisi temen-temen terkini, terkuaklah fakta bahwa temen-temen sekarang udah lumayan nyebar & kerja di tempat yang macem-macem. Ada yang di Jogja, Jayapura, Samarinda, Sampit, Batam, Riau, Semarang, Bandung, Laut Jawa, Makasar, dan juga Manado. Profesinya ada yang jadi wartawan, jadi PNS, jadi staff BUMN, pegawai bank, peneliti, dosen, wiraswasta, tapi satu hal, angkatan kita tidak ada sama sekali yang sukses jadi TNI & Polri. Bayu Rinasmoko & Fredy Purbiyanto sukses terhempas cita-citanya pas tes jadi CTNI karena masalah kekurangan pada bagian anggota tubuhnya...hehehe...Apa itu???? Tekon dewe to mas!
Di tengah perbincangan, Koko sempat menelpon Ganthang via hp'e. Ganthang?Hah???Wah, kalo Ganthang, Ganthang Gantara Putra lengkapnya, ini udah barengan sama aku bersekolah sejak SMP. Dulu kita di SMP Negeri 5 Yogyakarta. SMA bareng lagi. Trus dia sempet kuliah di UGM setahun, dan akhirnya mencari ilmu lah dia ke ITB.
Sempat aku bercaci-maki penuh kerinduan ama Ganthang via hp'e Koko. Full boso Jowo! Wah, lega rasanya. Dan Koko + Ayu cukup memandang dengan penuh tawa keheranan.
Btw, ada satu hal unik yang selalu aku alami ketika berada di mall. Ketemu dengan seorang teman tanpa janjian terlebih dahulu!! Amazing! Pasti kejadian bertemu seseorang yang aku kenal ato bahkan pernah bertemu dengan seseorang yang tidak ingin ku kenal kembali..huhuhu..Hari itu aku bertemu dengan Eko aka Penyo yang notabene adik kelasku kuliah di komunikasi UGM. Terkaget-kaget lah kita berdua. Wallahualam.
Lumayan lama juga kita nongkrong di Space. Dari jam 18.00 sampai jam 20.00. Dua jam. Hmmm...dua belas tahun (3 taon masa SMA + 9 taon masa berpisah:red) terangkum dalam dua jam. Seru juga. Mereka masih belum berubah.
Kita berpisah kemudian masing-masing dengan tiga tujuan yang berbeda. Ayu ke Pesanggrahan, Koko ke Setiabudi, dan aku ke pinggiran Pondok Indah. Seperti biasa, kita berpisah dengan saling menguluk-salam dan berjanji untuk bertemu kembali. Apakah janji itu akan terwujud? Entah. Waktu jua lah yang kembali kan menjawab...





Hosted by Photobucket.com

Ket: Stadion Kridosono Jogja, 27 Juli 1996.

Nb: Foto di atas adalah ketika sekondan SMAN 1 angkatan 96 abis lulus, sedang berada di lokasi Pesta Pelajar 1996. Foto itu sempat dimuat di Majalah Remaja Hai.


2 comments:

Anonim mengatakan...

Hai Rouf! Berhasil juga nih :) hehehe..fotonya asik banget, ga nyangka kalian dl bgitu ya ckckck... kirain kalian ni alim2 ya, ternyataaa hahaha.. Itu kan si buset, bayu, dantok, anton, fredy trus sapa lage.. masih pada imut :p jd inget jaman SMA (roup ni ketua kelasku, yen upacara plg kliatan soale plg dhuwurr), juara 2 main bola antar kelas. Eh asik juga bisa ketemuan di PS (kamu hobi bgt ama PS, dl pas rame2 jg di PS yah :p), kapan donk bisa ketemu2 lagi.... Reuni, memang kata yg sarat makna utk membangkitkan kenangan. Kenangan akan peristiwa yg turut 'membesarkan' kita.... Reuni yuuuks (rani)

Number13 mengatakan...

Keterangan foto rombongan srimulat ;D. Dari kiri ke kanan:buset, bintoro, padang, hari, sronto, danto, arwan, rizki, gemblung, barlianto, yusuf, anton, bayu, fredy, yoss, & rouf. Ketemuan? Yo ayo, rencana lokasi berikut sih di daerah kuningan.